Category Archives: Recipe

Telur Bumbu Bali

Standard

DSCN0339

 

Menurut saya, telur bumbu bali rasanya saling melengkapi dengan sayur lodeh. Jadi, mereka paling enak dipasangkan bersama. Namun jika dimakan hanya dengan nasi juga enak, kok 🙂

Bahan-bahan:

  • 4 butir telur
  • 5 biji bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 4 buang cabe merah besar
  • 1/2 sendok teh Garam
  • 1 sendok teh gula pasir/1 ruas jari gula merah

Cara membuat:

  • Rebus telur hingga matang sempurna, kupas
  • Iris tipis-tipis cabe merah gede
  • Haluskan bawang merah, bawang putih, cabe, garam, dan gula (atau gula jawa)
  • Goreng bumbu-bumbu yang telah dihaluskan tadi di panci dengan sedikit minyak
  • Jika sudah wangi, masukkan 1 gelas kecil air, aduk hingga rata
  • Masukkan telur yang telah dikupas, tunggu hingga bumbu mendidih
  • Adjust rasanya dengan garam/ gula
  • Tunggu hingga air sat, namun tidak sampai kering sama sekali

So easy, so fun! ^_^

Sayur Lodeh

Standard

DSCN0340

 

Sayur lodeh biasa dihidangkan di rumah saya saat lebaran, sebagai pelengkap opor ayam dan ketupat. Selain sayur lodeh, dihidangkan juga telur bumbu bali. Nah hari ini, saya belajar membuat sayur lodeh dan telur bumbu bali-nya. Ternyata memasak itu memang tidak sulit, ya. Yang sulit adalah menyeimbangkan garam dan gulanya agar tercipta citarasa yang seimbang meskipun tanpa bumbu penyedap (halaahh. 😛 )

Berikut ini langkah-langkah memasaknya.

Bahan-bahan:

  • 20 batang buncis
  • 3 buah wortel
  • 4 buah kentang
  • 1 buah labu siam
  • 5 buah bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 4 buah cabe ketiring
  • 1 buah cabe merah besar
  • 65 ml santan
  • garam, gula
  • hati sapi, lengkuas, laos, daun jeruk (optional)

Porsi: 4 orang

Cara membuat:

  • Buang biji yang ada pada cabe merah besar, iris tipis-tipis
  • Iris serong tipis cabe keriting tanpa dibuang bijinya
  • Iris tipis bawang merah dan bawang putih
  • Potong dadu kecil kentang, wortel, labu siam
  • Potong-potong buncis sepanjang 1 cm
  • Campur santan dengan 1 gelas kecil air hangat, aduk hingga rata
  • Goreng bawang merah dan bawang putih di panci dengan minyak secukupnya (agak banyak namun tidak sampai tenggelam)
  • Jika bawang sudah layu, masukkan cabe besar dan keriting, aduk sampai rata
  • Masukkan kentang, wortel, labu siam. Aduk-aduk sampai rata
  • Masukkan air hingga tenggelam, aduk
  • Tambahkan garam dan gula masing-masing 2 sendok teh
  • Tutup panci, tunggu hingga bahan-bahan setengah empuk
  • Jika sudah setengah empuk, masukkan buncis
  • Jika sudah empuk semua, masukkan santan yang sudah dicampur air tadi
  • Adjust rasanya dengan garam dan gula (atau bumbu penyedap) sesuai selera
  • Selama merebus, aduk terus agar santan tidak pecah. Rebus hingga mendidih

Catatan:
Kita bisa menambahkan lengkuas, laos, dan daun jeruk untuk menamba aroma makanan. Bisa juga ditambahkan hati sapi jika suka.

Selamat mencoba. So easy, so fun! ^_^

Bakmoy

Standard

Ceritanya 2 hari kemaren saya nginep di rumah eyang di Jogja. Terus minta diajarin masak yang gampang. Maka dikasih lah saya resep bakmoy berikut ini sekaligus prakteknya 😀

DSCN0090

Tapi mohon maaf saya lupa ngefoto kuah dagingnya, haha.. Jadi ini foto bahan pelengkapnya aja ya 😀

Bahan-bahan:

  • 0,5 kg tulang sapi
  • 0,5 kg daging sapi
  • 10 buah tahu kotak
  • seledri secukupnya
  • bawang merah secukupnya
  • 5 biji kemiri
  • 8 siung bawang putih
  • garam
  • vetsin (optional)

Porsi: 4 orang

Cara membuat:

  • Tulang dan daging direbus hingga daging lembut. Sambil menunggu daging lembut, lakukan hal-hal di bawah ini:
  • Tahu dipotong dadu kecil-kecil, goreng hingga berwarna kekuningan. Tidak perlu digoreng hingga terlalu kering
  • Seledri dipotong kecil-kecil halus
  • Bawang putih dan kemiri dihaluskan (diulek atau diblender). Kemudian digoreng dengan minyak secukupnya, campur dengan 2 gelas air mineral. Jika sudah wangi, campurkan ke dalam rebusan daging.

Cara membuat bawang goreng:

  • Bawang merah dipotong tipis-menyerong
  • Tambahkan garam secukupnya. Aduk hingga rata
  • Goreng dengan minyak secukupnya hingga berwarna keemasan

Cara membuat sambal:

  • 1 siung bawang putih dan 10-15 buah cabe rawit (sesuai selera) direbus sampai empuk
  • Setelah empuk, angkat, haluskan dan campurkan garam secukupnya

Catatan penting:

  1. Saat merebus tulang dan daging, jika timbul buih-buih di permukaan, segera angkat dan buang buih-buih tersebut
  2. Bawang goreng dan seledri digunakan sebagai taburan saat hendak dimakan

So easy, so fun! ^_^

Japanese Curry Rice

Standard

Bahan-bahan:
1 buah kentang gede
1/2 buah wortel gede
1/2 potong bawang bombay
4 siung bawang putih
1 bungkus bumbu kari
5 gelas air matang (sekitar 500 ml)
180 gr daging sapi (atau daging lain)

Porsi: 4 orang

Cara membuat:

  • Rebus daging hingga empuk. Angkat, tiriskan
  • Wortel dan kentang dipotong dadu
  • Bawang bombay dan bawang putih dipotong kecil-kecil
  • Tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum
  • Masukkan bumbu kari dan 5 gelas air
  • Masukkan daging, wortel, dan kentang. masak hingga wortel dan kentang menjadi empuk

So easy, so fun! ^_^

Tempe Mendoan

Standard

Bahan-bahan tempe:

2 siung bawang putih
4-5 siung bawang merah
1/2 sendok teh ketumbar
garam secukupnya
tepung terigu 3 ribu (mestinya sih tepung beras, tapi ga ada)
tempe 2 ribu (minta emang-emangnya potongin tipis-tipis kalo males)
daun sop seribu (pake secukupnya sesuai tepung)

Buat sambelnya:

3 sendok makan kecap manis
12 biji cengek (cabe rawit ya nama yg biasa didenger?)
1 siung bawang putih
air putih secukupnya

Untuk porsi: 15 potong mendoan dengan ukuran kayak di foto

Cara membuat tempe:

  • Bawang merah, bawang putih, ketumbar, dan garam diulek sampai halus
  • Tepung terigu dicampur air matang secukupnya
  • Aduk hingga menjadi adonan tepung yang sesuai untuk mendoan
  • Tambahkan daun sop serta bumbu yang tadi sudah diulek, lalu aduk lagi hingga merata
  • Celupkan tempe ke tepung, goreng dengan minyak yang sudah dipanaskan sebelumnya

Cara membuat sambal:

  • Potong kecil-kecil cengek dan bawang putih, lalu goreng dengan sedikit minyak hingga wangi (jangan sampe bawang putihnya gosong, ya)
  • Campurkan dengan kecap manis dan air secukupnya (supaya cair) lalu aduk hingga rata

So easy, so fun! ^_^