Monthly Archives: December 2016

Day 11: What If…

Standard

Udah hari ke-11, saya makin bingung harus mengawali setiap postingan dengan kalimat apa 😀 Tapi alhamdulillah, nggak nyangka, ternyata saya masih semangat menulis hingga hari ke-11 ini 🙂 yay!

Tema hari ini adalah, “sesuatu yang kita selalu merasa “kalau aja…”” Hmm..sejujurnya, banyaakkk banget yg saya kepikiran “kalau aja” ini >< Duh, emang ya manusia, selalu aja ga puas sama apa yg dimiliki, selalu aja rumput tetangga kelihatan lebih hijau 😦 Saya sadar sih kita seharusnya nggak boleh seperti ini. Rasulullah sendiri melarang umatnya untuk berandai-andai bukan?

Rosululloh shollallohu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Bersemangatlah untuk meraih segala hal yang bermanfaat bagimu. Mintalah pertolongan Alloh dan jangan lemah. Apabila engkau tertimpa sesuatu (yang tidak menyenangkan) janganlah berkata, ‘Seandainya aku dulu berbuat begini niscaya akan menjadi begini dan begitu’ Akan tetapi katakanlah, ‘QaddarAllohu wa maa syaa’a fa’ala, Alloh telah mentakdirkan, terserah apa yang diputuskan-Nya’. Karena perkataan seandainya dapat membuka celah perbuatan syaitan.” (HR. Muslim)

Jadi selama ini sih, meskipun ada selentingan perasaan ”kalau aja” di hati saya, saya selalu berusaha menyingkirkannya. Karena saya juga merasa, kita sebagai manusia tidak pernah tahu yg mana yg terbaik untuk kita. Segala yg terjadi di hidup kita, sudah pasti atas takdir Allah semata.

Jadiiii…supaya postingan ini nggak tersia-sia, saya mau ngebalik deh konotasi “kalau aja”-nya 😀 Bukan “kalau aja saya begini”, tapi “kalau aja saya nggak begini”, kayaknya akan lebih menimbulkan semangat positif ya 🙂 Mudah-mudahan… 🙂

Yang pertama, kalau aja saya nggak sekolah SMA di MAN Insan Cendekia Serpong (IC), kayaknya saya nggak akan tahu gimana saya bisa mewujudkan impian saya buat melihat salju, karena kalau saya nggak sekolah di IC, saya mungkin ga akan tahu informasi beasiswa sekolah di luar negeri.

Yang kedua, kalau aja saya nggak kuliah di ITB, saya mungkin juga ga akan bisa bener-bener sampai ke Jepang, karena dengan saya berkuliah di ITB, saya jd bisa les bahasa Jepang di BLCI yg notabenenya deket kampus, jadi ketemu sama temen-temen yg juga tertarik buat ke Jepang, jd punya pengalaman nge-guide mahasiswa Jepang, dan lain sebagainya. Dan kalau saya nggak kuliah di ITB, saya juga ga akan ketemu sama suami saya ><

Yang ketiga, kalau aja saya nggak ke Jepang, saya mungkin ga akan pernah nyadar bahwa bumi Allah itu luaass banget >< Saya mungkin ga akan ketemu temen-temen luar biasa yg banyak menginspirasi. Saya mungkin nggak akan ketemu temen-temen Monbusho yg foreigner, yg walaupun bukan Muslim tapi sangat sangat menghormati keterbatasan saya sebagai seorang Muslim :’) Wah, kalau saya disuruh ngelist hal-hal yg saya syukuri dengan rejeki Allah mencicipi Jepang kemarin, kayaknya akan butuh postingan tersendiri :’)

Untuk saat ini, saya mau mensyukuri dulu kembalinya saya ke Indonesia. Walaupun culture shock (sebagian besar temen saya yg kembali dari Jepang ke Indonesia rata-rata merasakan yg sama 😛 ), tapi di mana pun sama-sama di bumi Allah kan? Yang penting, apa pun aktivitas kita, dapat memberikan keberkahan bagi diri sendiri maupun sekitar. Lagipula, walaupun Indonesia ini semrawut, kalau dibandingkan dengan negara konflik, masih jauh lebih mending kan? Kita masih bisa tidur tanpa ketakutan akan melihat matahari lagi nggak besok 😥

Baiklaahh..demikian kontemplasi hari ini. Sampai ketemu di postingan hari berikutnya :’)

Day 10: Something for Which I Feel Strongly

Standard

Halo, semua!

Kembali lagi dengan Nadine di sini. Alhamdulillah, sudah sepertiga jalan melalui tantangan ini ^_^ Tema hari ini adalah (kalau diterjemahin kira-kira) “sesuatu yang kita yakini” atau bisa juga “sesuatu yang kita pegang teguh” kali yah.

Untuk saya, hmm, saya adalah orang yang selalu berpegang pada impian dalam melalui hari-hari saya #eeaa. Sebagai contoh, dulu saya mimpi pengen liat salju gara-gara baca buku cerita anak-anak yg ngegambarin salju dan juga nonton film natal anak-anak yg selalu aja settingnya lagi winter bersalju. Selama belasan tahun ada satu perkataan yang selalu saya ingat dan membuat saya bersemangat dalam menggapai mimpi saya itu,

“Bermimpilah setinggi langit, karena jika kamu terjatuh, kamu masih akan berada di antara bintang-bintang”

Perkataan ini jika dimaknai secara harfiah artinya walaupun kita terjatuh, kita masih akan melihat sesuatu yg indah yaitu bintang-bintang. Dan jika dimaknai secara implisit, jika punya impian, sekalian yg tinggi aja, karena walaupun impian yg tinggi itu tidak terkabul, kita masih akan memperoleh hal lain yg juga tidak kalah indahnya.

Oleh sebab itu, saya pegang terus impian sederhana masa kecil saya itu. Nggak tau caranya, pokoknya suatu saat saya harus bisa melihat salju dengan mata kepala saya sendiri.

Long story short, mulai dari SMA, saya semakin melihat peluang ke luar negeri bukan hal yg  mustahil. Oya, sekadar gambaran saja, saya berasal dari keluarga menengah, jadi jalan-jalan keluar negeri (bahkan “cuma” ke negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia) bukan tujuan utama liburan kami. Apalagi ke negara yg bisa lihat salju. Selain itu, jaman saya remaja dulu, traveling keluar negeri belum banyak pilihan murahnya seperti sekarang. Nah sejak SMA, saya jadi semakin diperkenalkan akan adanya beasiswa studi keluar negeri. Perlahan-lahan saya semakin melihat bahwa impian saya bisa jadi kenyataan.

Alhamdulillah, setelah berbagai perjuangan meraih beasiswa saya lalui, ternyata ke Jepang melalui beasiswa MEXT/ Monbusho lah rejeki saya. Tentu saja rejeki ini tak lepas dari takdir Allah, namun mungkin jika dulu saya nggak pernah bermimpi bisa melihat salju, saya nggak akan kepikiran untuk keluar negeri sama sekali.

Karena itu, untuk adik-adik di luar sana yg kebetulan sampai di artikel ini, bermimpilah setinggi-tingginya, lalu kerahkan usaha maksimalmu untuk meraih mimpi itu. Karena hasil tidak akan pernah mengkhianati usaha 🙂

ski

I miss skiing so badly 😥

Day 9: Some Words of Wisdom that Speak to Me

Standard

Tema hari ini adalah “kata-kata bijak yg mengena di hati”. Jujur saja, saya termasuk orang yang sering berpegang ke kata-kata penyemangat kalau lagi galau. Dengan baca-baca kata-kata penyemangat itu lagi, saya jadi lebih bisa kuat dalam mengarungi hidup ini #eeaa

Salah satu kata bijak yg selalu saya ingat adalah sebuah hadits berikut ini:

“Sungguh menakjubkan perkara seorang mukmin, sesungguhnya semua urusannya merupakan kebaikan, dan hal ini tidak terjadi kecuali bagi orang mukmin. Jika dia mendapat kegembiraan, maka dia bersyukur dan itu merupakan kebaikan baginya, dan jika mendapat kesusahan, maka dia bersabar dan ini merupakan kebaikan baginya. (HR. Muslim)

Hadits tersebut bener-bener menunjukkan bahwa kita sebagai orang mukmin sungguh sangat beruntung. Tidak ada perkara yg buruk yg terjadi dalam hidup kita. Yang ada hanyalah bagaimana kita menyikapinya. Kalau saja kita selalu ingat ini dalam setiap episode kehidupan yg kita lalui, niscaya kita akan selalu bersyukur kepada-Nya.

Day 8: Something I Struggle With

Standard

Judul hari ini agak bingung gimana menerjemahkan ke bahasa Indonesianya 😀 Tapi kira-kira artinya “sesuatu yg saya berjuang untuk menghadapinya” (yeah kedengeran bagus ya bahasa Indonesia-nya 😀 ).

Seperti yg kebanyakan temen-temen saya tahu, saya adalah orang yg OCD terhadap kebersihan. OCD saya nggak sampai parah banget, sih. Terobsesi juga nggak. Tapi mungkin bisa dibilang saya punya standar yg cukup tinggi mengenai kebersihan dan kerapihan.

Kalo boleh sedikit cerita tentang OCD saya ini, misalnya di rak buku, saya selalu menaruh buku dengan tinggi yg paling tinggi di kiri, dan yg paling rendah di kanan. Sabun mandi dkk saya susun di kamar mandi dengan brand menghadap depan semua. Begitu juga dengan tempat bumbu di dapur, brand-nya harus menghadap depan. Jadi kalo benda-benda itu berubah posisi, saya pasti langsung ngerapiin lagi. Rasanya mata saya sakit kalau ngelihat benda yg tidak pada tempatnya atau posisinya tidak seharusnya XD

Semenjak di Jepang, ke-OCD-an saya sepertinya bertambah >< Secara, Jepang juga sangat terkenal dengan kebersihannya, di fasilitas umum sekali pun (walaupun kadang ada jg yg kotor, tp mostly terjaga kebersihannya). Dan salah satu syarat krusial suatu tempat akan saya nilai bersih adalah….jika kamar mandinya bersih 😀

Pokoknya setiap saya ke kamar mandi umum di mana pun (Jepang maupun Indonesia), saya selalu melapisi dudukannya dengan tisu XD Jadi bagi saya, lebih baik toilet jongkok daripada toilet duduk yg kotor, karena kalau jongkok kan kekotorannya ga kena ke kulit kita sedikit pun.

Nah karena di Indonesia (mohon maaf) sebagian besar toilet umumnya masih kurang bersih, saya struggling banget kalau lagi jalan-jalan atau berwisata 😦 Malahan saya lebih baik ga makan-minum daripada harus ke toilet umum. Segitunya yaa..

Yah demikianlah ke-struggling-an saya. Ada nggak temen-temen yg kayak saya juga?

Day 7: 10 Songs that I am Loving Right Now

Standard

Halo semua!

Percaya atau tidak, saya ini termasuk yg jaraanngg banget dengerin lagu. Pas lihat tema tulisan hari ini, saya baru sadar kalau (terutama akhir-akhir ini) saya nggak terlalu update dengan lagu-lagu terbaru. Jadi saya coba scroll-scroll aja ya playlist saya di soundcloud (tuh bahkan playlist aja bukan di hp atau laptop, tapi di soundcloud >< )

  1. You are my everything (Gummy – Descendants of The Sun OST)
  2. When we were young (Adele)
  3. Love yourself (Justin Bieber)
  4. Classical song medley (Mozart, Bach, Beethoven)
  5. Me gustas tu (Gfriend)
  6. Rough (Gfriend)
  7. TT (Twice)
  8. Thinking out loud (Ed Sheeran)
  9. Shut up (Unnies)
  10. I am not the only one (Sam Smith)

Lagunya nggak update banget kaann..hehe.. Dan ketauan deh saya penggemar Kpop juga 😀 Baiklah, sekian untuk postingan hari ini. Maaf kalo nggak terlalu menarik, soalnya saya beneran deh jarang banget dengerin lagu akhir-akhir ini.

Sampai jumpa di postingan hari berikutnya! 🙂

Day 6: Five Ways to Win My Heart

Standard

Hello, everyone!

Today’s theme is, as you’ve might known from the title, five ways to win my heart. Umm, actually, I am bit confused with the term “win” here. Is it supposed to be winning in a romantic way, I mean like attraction between man and woman? Or just in general? Because I think what a friend did to me can win my heart too. But finally, I decided to write about winning in a romantic way (even though I am married now so who cares XD ), just because 😛

Care. It doesn’t have to be necessarily care about me solely, but about other people too.For example, before speaking, he always think whether it will hurt other people’s feeling or not. Or, care to tell his girl friends (not girlfriend) to not going home late, and if they do, he makes sure they go home with some other people to ensure their safety.

Remember small details. I think I mentioned before that I don’t have very good memory about particular episodes in my life, but, if I am attracted to someone, I will remember every detail about him. So I expect he also remember small details about me, or something I’ve ever told him.

Click in conversation. We don’t have to be having similar interest or hobby, but you know you had a good conversation when you didn’t notice where time has gone, right?

Initiative. Initiative to help even though he is not asked to, or initiative to apologize even if he knows he did nothing wrong 😛

Well-groomed. It shows that he has good manners toward others, because he doesn’t want other people to see him in untidy appearance.

*****

For boys who read this list, I hope you find it helpful for you to win your lady’s heart 😀

Day 5: Five Places I Want to Visit

Standard

Hello, everyone!

It seems like I’m still on my track on doing this challenge. Yay! 🙂 So here we go the day 5: five places I want to visit.

UK, or to be more specific, all Harry Potter filming locations in UK. You might have bored listening to me talking about how I like all about HP world, so sorry, I have to mention this again 😦 UK is definitely on the top of my travel bucket list. I already have the list of places I want to go to if I had a chance to go UK. I don’t know when this dream will come true, since it’s quite far from Indonesia, my husband now is working in a company, and my son is still too small. But, who knows? Luckily, my husband’s travel bucket list is also UK, since he loves football (not American football, but soccer) and Sherlock Holmes. So UK is on the very top of our dream destinations 🙂

alnwick_castle

Alnwick Castle, where Harry learnt to fly for the first time

NORWAY. In term of natural phenomenon, I really want to see aurora or northern lights in Norway. For me, aurora is very special since it can’t be seen everywhere. For example you can see snow in most of sub-tropical countries, you can see sea in any coastal areas, but aurora can be seen only in northern countries. That’s why Norway is also on my bucket list.

aurora

Aurora spotted in Norway

SANTORINI, Greece. Because the place is so pretty and has that romantic vibe. Enough said.

santorini

No caption needed

NETHERLANDS (or Holland? I don’t know 😦 ) Ever since I was a kid, my mom always read bedtime stories for me. I have a whole rack of children’s books with stories from around the world. You know, books with stories on the left side, and illustrations on the right side. I think that’s when my love for books grew. I always love reading books and going to the library near my house. And I think that’s also when my dream to travel the world arose. On one (or some) of those bedtime stories, I saw a very pretty illustration of windmill with tulip field and dutch house. And also pretty dutch ladies with dress and klompen (dutch shoes, also called clogs). Since then, I’ve always wanted to see them with my own eyes.

neth1

Windmill with tulip field and dutch houses

neth2

Cute klompen

MAKKAH and MADINAH to do pilgrimage. I’ve been there before but only to do umrah. Insha Allah I will go there again to do pilgrimage or hajj. Amen.

msjd-hrm

Masjidil Haram in Makkah, a city that never sleep

*****

Actually, as someone who loves to travel, there are many more places I want to visit. I even haven’t mentioned some in Indonesia, my own country. But I think, currently these five are on the very top of my bucket list.

See you on the next day! 🙂

PS: picture credit goes to Google