Fujikyu Highland

Standard

Setelah sibuk membereskan apato hingga layak huni, sekarang saatnya jalan-jalan lagi menikmati sisa Spring Recess yang tinggal kurang dari seminggu😦 Karena kami sama-sama menyukai amusement park, sementara Disney Resort sudah pernah kami kunjungi, maka kali ini tempat yang kami pilih adalah Fujikyu Highland.

Honeymoon Part 2 – 3 April 2014

Bagi penyuka amusement park, saya yakin Fujikyu Highland akan memberikan pengalaman berbeda dari amusement park lainnya🙂

Dalam bahasa Jepang, Fujikyu ditulis sebagai 富士急 (富士dibaca fuji dan 急 dibaca kyuu). Sesuai namanya, amusement park ini terletak dekat dengan Gunung Fuji. Jika cuaca cerah, kita dapat bermain-main di sini sekaligus menikmati pemandangan Gunung Fuji di latar belakangnya. Indah sekali🙂 Kemudian kanji 急 berarti fast atau cepat, dan inilah yang menjadi daya tarik utama park ini. Fujikyu menawarkan wahana-wahana ekstrim yang memiliki kecepatan lebih (maupun tingkat ke-ekstrim-an lainnya) daripada wahana yang pernah ada di park-park lain.

Akses : Dari stasiun Shinjuku, naik Highway Bus dari west exit. Tiket dapat dipesan secara online di website ini http://www.fujiq.jp/en/qpack/. Dapat juga dibeli langsung di counter Highway Bus tersebut yang ada di west exit juga.

Tiket : Untuk masuk ke Fujikyu Highland, kita dapat membeli tiket terusan maupun tidak. Harga tiket terusan untuk dewasa 5200 yen, dengan tiket ini kita bisa masuk wahana apa pun sepuasnya. Harga tiket tidak terusan untuk dewasa 1400 yen. Dengan tiket ini, kita hanya membayar masuknya saja, nanti untuk main di wahana-wahananya, akan ada harga yang berbeda dari masing-masing wahana.

Terdapat juga tiket Q-Pack, yaitu tiket masuk terusan plus Highway Bus round trip. Waktu saya ke sana, harga tiket ini satu orang 7000 yen. Sekarang saat saya cek di website di atas, harganya menjadi 7300 yen. Mungkin memang sudah naik disebabkan naiknya pajak di Jepang yang mempengaruhi harga semua barang.

IMG_4007

Ya, bisa dilihat di foto di atas, sewaktu kami ke sini, cuaca sedang hujan😦 Namun karena sisa waktu suami saya di sini tinggal sampai tanggal 8 dan hari-hari setelah ini jadwal kami sudah padat lagi, kami pun memutuskan tetap pergi. Alhamdulillah karena hujan, tidak terlalu banyak yang datang hari ini😀

Kembali ke wahana-wahana Fujikyu. Seperti yang sudah saya sebutkan di atas, Fujikyu menawarkan wahana-wahana ekstrim, beberapa yang terkenal yaitu

IMG_4083

Takabisha, roller coaster with “the steepest drop in the world at 121°

Fujiyama, the "KING OF COASTERS"

Fujiyama, the “KING OF COASTERS”

“Eejanaika” yang disebut sebagai 4th dimension roller coaster karena selain mengikuti rel roller coasternya, kursi kita juga akan diputar-putar +_+ Dan masih banyak lagi silakan cek di sini http://www.fujiq.jp/en/attraction/😀

Ketika kami sampai di sini sekitar pukul 10.00, hujan masih agak lebat, akibatnya wahana-wahana ekstrim ini tidak ada yang dibuka. Saat hendak menukarkan tiket yang dibeli di Shunjuku West Exit dengan tiket yang ada barcode-nya di sini, petugasnya bertanya, apakah mau tetap menukarkan tiketnya meskipun hujan. Ternyata tiket ini masih berlaku hingga seminggu ke depan. Jadi jika kami berubah pikiran, kami masih masih bisa kembali lagi di hari lain saat cuaca cerah. Namun karena keterbatasan waktu kami, kami tetap menukarkan tiket pada hari ini.

Alhamdulillah, masih banyak wahana-wahana lain yang dapat dinikmati meskipun hujan, yaitu wahana indoor dan wahana outdoor yang tidak terlalu ekstrim.

Wahana pertama yang kami masuki yaitu Evangelion. Sebenarnya ini tidak bisa dibilang wahana, secara isinya hanya semacam museum figur-figur dari anime Evangelion. Jika kamu mengikuti anime ini, worth it banget masuk sini karena banyak spot-spot foto yang nampak seperti real.

Dari dulu pengen jadi pemain piano tapi ga kesampean :D

Dari dulu pengen jadi pemain piano tapi ga kesampean😀

Wahana kedua adalah Ultimate Fort. Di wahana ini, ceritanya kita terjebak di suatu penjara, dan kita harus memecahkan kode-kode yang ada untuk dapat kabur dari penjara tersebut. Suami saya yang awalnya semangat sekali masuk wahana ini, karena telah membaca ulasannya di internet bahwa ini bukan bohong-bohongan. Saya sendiri awalnya tidak terlalu percaya bahwa akan sulit teka-tekinya.

Selama mengantre, terdapat beberapa monitor yang menjelaskan stage-stage yang harus dilalui dalam wahana ini. Total ada 4 stage. Masing-masing stage ada batas waktunya, jadi jika kita tidak berhasil memecahkan teka-teki di satu stage, kita tidak dapat melanjutkan ke stage berikutnya. Di monitor ini, ditampilkan gambaran umum stage 1 sampai stage 3, sedangkan stage 4 “is a mistery world” katanya, kita tidak diberi tahu apa yang akan kita hadapi di stage 4.

Di stage 1, kita diberi kartu seperti ini.

photo

Kartu ini harus kita masukkan ke slot tersembunyi seperti di mesin ATM. Nanti di kartu tersebut akan di-print gambar-gambar tertentu pada baris pertama. Kemudian kita harus mencari slot lain dan kita harus mendapatkan gambar yang sama persis di kolom yang sama. Jika kita memasukkan ke mesin yang salah, gambar kita akan dicoret, yang artinya kita harus mengulang mencari lagi sampai benar-benar ketemu 3 buah gambar yang sama persis dengan gambar di baris 1.

Dan ternyata tidak mudah sama sekali mencari slot ini! Banyak slot-slot jebakan, dan tentu saja jika salah, harus mengulang lagi >_< Hasilnya bisa ditebak, saya dan suami tidak dapat menyelesaikan misi ini dalam batas waktu yang ditentukan. Bisa dilihat bahwa kami tidak berhasil mendapat gambar “map”, dan gambar “lilin” serta “baju” yang sudah kami dapatkan dengan benar juga ikut disilang. Kami dan (ternyata) semua pengunjung lain pun gagal di stage 1 >_<

Sekeluarnya dari wahana ini, kami pun penasaran, lalu iseng mencari ulasannya di internet. Siapa tahu ada yang pernah berhasil dan menuliskan kunci jawabannya atau trik-triknya😀 Dan ternyata saudara-saudara,  sejauh ini baru 2 orang yang berhasil sampai stage 4 dan lolos dari “penjara” (menurut website ini http://kitsuneverse.blogspot.jp/2013/08/japancan-you-escape-ultimate-fort.html), dan itu pun setelah mencoba ribuan kali. Oke, jadi memang wahana ini tidak main-main, dan wajib dicoba buat kamu yang suka dengan teka-teki😀 Dan tebak apa, karena penasaran, kami pun masuk ke wahana ini sekali lagi dengan membawa kartu yang sudah kita gunakan di percobaan pertama, untuk dicoba lagi dimasukkan ke slot-slot lain. Tapi kami pun masih gagal di percobaan kedua ini😛

Wahana lain yang kami naiki antara lain Tondemina, dan Nagashimasuka yang basah banget jadi kalau tidak mau basah-basahan, jangan ke wahana ini di awal. Dalam kasus kami, karena kami sudah basah karena hujan, jadi tidak terlalu berpengaruh😀

Satu lagi wahana yang ingin saya ulas adalah “Super Scary Labyrint of Fear”. Lagi-lagi suami saya duluan yang sudah membaca ulasannya di internet, yaitu bahwa wahana ini pernah didatangi oleh personel JKT48, dan sekeluarnya dari wahana ini, mereka pada nangis😀 Wow, sepertinya memang benar-benar seram ya. Sayang sekali, kami tidak sempat mencoba wahana ini karena wahana ini memiliki batas waktu. Wahana ini hanya dibuka hingga pukul 16.30 dan saat kami mendatangi wahana ini sudah pukul 16.45 sehingga sudah ditutup😦 Gedung wahana ini didesain seperti bangunan rumah sakit lama yang sudah bobrok, lengkap dengan burung gagak bohong-bohongan khas cerita-cerita horor.

IMG_4053

*****

Saya sangat merekomendasikan amusement park ini bagi kamu yang suka wahana-wahana menantang yang menguji adrenalin. Tapi, untuk yang ingin jalan-jalan dengan membawa anak kecil, rasanya kurang worth it kalau jauh-jauh ke sini, karena meskipun memang ada wahana yang diperuntukkan bagi anak-anak, wahana tersebut sangat standar dan bisa ditemukan di amusement park mana pun di tengah kota (tidak perlu jauh-jauh ke Gunung Fuji). Restoran dan toko souvenirnya pun biasa banget karena amusement park ini tidak memiliki tokoh yang iconic seperti layaknya Disneyland. Akhir kata, wahana favorit saya dan suami adalah “Ultimate Fort”. Bahkan kami berencana ke sini lagi suatu saat nanti untuk mencobanya lagi😀

4 responses »

  1. Ya ampun puyeng bgt roller coaster yg kursinya diputerin juga. Tapi ya ga sempet l;iat apa2 juga ya soalnya kan cepet bgt tuh. Niat banget yaa mereka bikin tempat kayak gini. Apalagi wahana Ultimate Fort. Semoga sukses di percobaan mendatang!😀

    • Puyeng banget kak, mual dan pengen muntah udahannya +_+
      tapi emang asli niat banget semua setting tempatnya, bener2 real dan ekstrim sesuai namanya sehingga info2 di websitenya juga ga berlebihan >_<
      hehe makasih kak!😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s