IUES 2012: Sweet Escape Day #4

Standard

Jadi ceritanya seminggu ini saya lumayan sibuk sehingga tidak sempat membuat tulisan lanjutan mengenai hari-hari selama IUES. Dan ceritanya pula saya pun jadi menyadari bahwa membuat tulisan dalam bahasa Inggris membutuhkan waktu yang lebih lama daripada menggunakan bahasa Indonesia. Karena itu, catatan 5 hari ke depan kayaknya bakal saya tulis dalam bahasa Indonesia aja deh. Lagian di postingan kali ini, bakal banyak ngomongin beberapa orang Jepang, jadi ga enak aja klo tiba2 ada yang baca dan mereka ngerti. Hehe..😛

Day #4: Presentation Day

Hari ini diawali dengan menyelesaikan paper dan presentasi yang akan dipresentasikan jam 1 nanti. Malam sebelumnya kami udah janjian untuk kumpul di gerbang depan jam 8. Dan kami juga sepakat untuk memakai dresscode, yang cowo pake baju putih, yang cewe pake baju pink.

Saya sampe di gerbang depan tepat jam 8. Dan sesuai dugaan saya, 3 orang Jepang temen sekelompok saya udah nunggu dengan anteng di pinggiran. Setelah menyapa mereka sejenak, saya ijin buat beli sarapan *Indonesia bgt deh, udah datengnya ngepas, belum sarapan pula >_<

Abis beli sarapan, temen2 dari Madania High School baru pada dateng. Setelah itu kami langsung masuk ke dalam kampus untuk nyari spot yang oke buat bikin tugas. Eh tapi sebelumnya sempet foto2 dulu di depan spanduk publikasi acara IUES😀

Setelah itu kami mencoba mencari tempat di labtek 5 lantai 2 yang ada meja-kursi yang nempel itu. Sesampainya di labtek 5 lantai 2 yang bagian di depan TU EL, ternyata mejanya cuma ada 1 instead of 2, dan itu pun penuh sama orang. Karena bingung, kami pegangan kami pun duduk di lantai depan mading untuk sementara.

Selagi duduk2 sambil bingung itu, Todo-san tiba2 nanyain toilet di mana. Langsung aja saya kasih tau toilet labtek 5 lantai 2 yang untungnya cukup bersih dibanding toilet2 lain di ITB. Ga beberapa lama setelah Todo-san, Seiya juga nanyain lokasi toilet.

Tidak lama setelah Seiya ke toilet, Todo-san balik dari toilet. Trus ditunggu sampe lama banget si Seiya ga balik-balik. Karena saya khawatir dia nyasar, saya tanya Todo-san tadi ketemu Seiya ga di toilet. Katanya Todo-san, “Iya ketemu kok. Tapi tadi dia bilang dia sakit perut”.
Oh, no wonder Seiya lama di toiletnya. Tapi karena saya khawatir dia kenapa-kenapa, saya susul lah ke toilet. Eits, ga masuk loh ya. (niatnya) cuma nungguin di luarnya.

Sesampainya di depan toilet yg tak lain dan tak bukan ada di selasar basis data, ternyata meja-kursi yang nempel itu dipindahin ke situ. Ya udah deh saya langsung balik ke depan TU EL untuk mengajak yang lain pindahan ke selasar basdat.

Abis pindahan, si Seiya masih ga keluar2 juga dari toilet. Dan saya baru inget kalo toilet Indonesia kan ga ada tissuenya. Dan seinget saya Seiya ga bawa tissue ke toilet >_< Aaa, Seiya, are you alright inside there?😦

Akhirnya setelah sekian lama, Seiya pun keluar dari toilet. Saya cuma bisa nanya, “Seiya, daijoubu?” Padahal saya sebenernya pengen nanya, gimana tissue nya, bisa ga nge-flush toiletnya, dll, tapi ga berani soalnya ga tega juga ngebayangin menderitanya dia di dalam sana >_< Semoga kamu tidak kapok dengan toilet Indonesia ya, Seiya🙂

Sekitar jam 9 Zahrina pun datang, tapi Riri belum bisa datang karena masih mengerjakan tugas kuliahnya. Maka kami pun mulai mengerjakan paper dan presentasi dengan dibagi menjadi 2 kelompok kecil. Saya, Shiba, Ito-san, dan Zahrina mengerjakan paper. Bien, Seiya, dan Todo-san mengerjakan presentasi. Beberapa lama setelah mulai mengerjakan, Riri menelepon saya dengan panik dan menyuruh saya turun ke depan sekre HMIF. Saya pun turun dan bertemu Riri yang heboh karena merasa salah kostum. Dia pake baju pink, tapi modelnya agak aneh gitu menurut dia. Akhirnya dia meminta izin untuk pulang lagi dan berganti baju. Sabar ya, Riri.. *pukpuk

Daann pada jam 10.00 akhirnya semua anggota tim lengkap sudah, dan kami pun mengerjakan tugas-tugas hari ini dengan mengobrol riang gembira \^o^/. Dari sini, baru ketauan kalo Seiya orangnya rame banget dan suka ngobrol *walopun dengan wajah datar tanpa ekspresi. Ito-san walopun pendiem, tapi sekalinya ngomong lucu banget >_< Todo-san sering diem dan wajahnya keliatan mikir, abis itu senyum2 sendiri. Tapi pas ditanya, kenapa senyum2, dia cuma geleng2 dan ga mau jawab -___-”

Dan hari ini juga sebenernya saya merasa berdosa sama Seiya >.< Jadi kan ceritanya saya, Shiba, Riri, dan Zahrina sama2 setuju kalo Seiya ini lucu kayak boyband Korea😛 Jadi setiap Seiya melakukan sesuatu atau mengeluarkan ekspresi lucu, kami sering ngomongin dia pake bahasa Indonesia, tepat di depan dia! Kayak “lucu banget sih, fix banget lucunya” Haha..udah kayak pelarian gara2 ga bisa ketemu boyband Korea yang aslinya aja :PAstaghfirullah, parah banget siihh >.< Ya tapi karena Seiya-nya ga ngerti, dia tenang2 aja ngerjain tugas dan ga berekspresi apa pun. Btw, ga dosa lah ya, kan ngomongin orangnya ga di belakang tapi di depannya. Lagian juga bukan ngomongin yang jelek kok😛

Sesuai jadwal yang ditentukan panitia, jam 1 kami sudah harus ada di ruangan 9311 tempat diadakannya presentasi. Mendekati jam 1, alhamdulillah semua pekerjaan kami sudah selesai, udah makan plus solat juga bagi yang mengerjakan. Nah sambil beres2in barang2 kami yang berserakan di meja, saya dan Riri berpikiran, gimana kalo bikin yel2 kelompok. Kami pun mengutarakan ide tersebut pada Todo-san, Ito-san, dan Seiya. Mereka sempet berpandang2an bingung dan kayak berpikir gitu.

Trus akhirnya Ito-san bilang, “kalo ntar suasanya serius, kayaknya mending kita jangan melakukan hal itu deh.”

Trus saya dan Riri, yang udah menduga suasanya ga mungkin serius namun kami maklum sama orang Jepang yang ga fleksibel, kami pun mengiyakan saja. Trus sambil jalan menuju 9311, saya denger Seiya ngobrol sama Ito atau Todo gitu saya lupa, pake bahasa Jepang yang untungnya saya ngerti. Intinya mereka bilang bahwa orang Jepang ga biasa melakukan hal2 kayak yel2 gitu saat presentasi. Hadeehh… -___-”

Sesampainya di 9311, ternyata kami kelompok terakhir yang datang😛 Tapi belum mulai sih, jadi santai *Indonesia banget. Presentasi dimulai sekitar jam setengah 2 kayaknya. Dan ternyata bener lah, suasananya serius >_< Dari kelompok 1 sampe 3 ga ada yang aneh2, well-mannered khas orang Jepang gitu deh. Ya udah, karena temen2 kelompok kami yang orang Jepangnya bukan tipe yang nyeleneh, kami pun memutuskan, ya udah ga usah pake yel2 *walopun saya pribadi masih ngerasa klo kami nampilin yel2 bakal bisa mencairkan suasana.

Setelah kelompok 3 selesai presentasi ada break sebentar. Abis itu baru dilanjutin sama presentasi kelompok kami. Yeay! Saya pun meminta tolong Yuki yang duduk di bagian depan audience untuk ngefoto2in kelompok saya saat presentasi *Yuki baik banget >_< makasih Yukiiii

Presentasi kelompok kami berjalan dengan lancar. Saya sempet merhatiin audience pada saat kami presentasi. Saya lihat banyak jg yang serius mendengarkan dan manggut2, walopun ada jg beberapa yang tidur >_< Udah gitu, sayangnya, di akhir ga ada yang nanya dong! Ini antara emang kami ngejelasinnya jelas banget atau saking ngeboseninnya sampe ga bisa dimengerti😦 Tapi, begitu presentasi selesai dan saya ngambil kamera saya di Yuki, dia bilang “it’s a very good presentation” Waaa, ga tau ini emang karena orang Jepang baik dan suka memuji aja atau emang beneran bagus, ahaha..

Begitu selesai presentasi kelompok 6, ga disangka-sangka, ternyata ada presentasi dari beberapa murid Jepang tentang TUT. Tapi presentasinya ini bukan presentasi serius2 tentang jurusan2 yang ada di TUT, tapi lebih ke kehidupan sehari-hari mahasiswa TUT. Nah yang maju melakukan presentasi ini ada 5 orang, dan 5 orang tersebut adalah 5 good-looking guys-nya mahasiswa TUT, yang tingginya kurang lebih sama semua, dan yang paling gaulnya gitu. Hahaha, udah kayak ngeliat boyband, beneran deh. Mereka adalah Daiki, Oishi, Shota, Seiya, dan Kentaro. Ini foto mereka *ga terlalu jelas yah? Tapi beneran kayak boyband kan?😀

Presentasi mereka diawali dengan video singkat tentang kampus TUT yang kayaknya mereka bikin sendiri. Jadi di video ini kita dikasih liat penampakan TUT dari gerbang depan, trus muter2, berhenti di beberapa bangunan penting kayak asramanya mahasiswa Jepang, asrama mahasiswa asing, dll, sampe balik ke gerbang depan lagi. Menurut saya videonya bagus, berjiwa muda *halah, dan bikin kita jadi tau penampakan fisik kampus TUT itu kayak gimana sih.

Nah abis itu presentasi dilanjutkan dengan kegiatan sehari2 mereka2 yang di depan itu. Mulai dari Seiya

Trus Shota

Abis itu Daiki

Abis itu harusnya sih Oishi dan Kentaro, tapi saya nggak nemuin foto slidenya di mana pun😦

Nah selain mereka yang di depan, ada juga 1 slide tentang jadwal sehari2 mahasiswa berprestasi, yaitu Ito-san!! Bukan berarti yang di depan ini ga berprestasi, tapi mereka kayaknya pengen ngasih liat jadwal mahasiswa yang baik itu seharusnya kayak gimana sih. Haha.

Dari presentasi ini jd rada-rada keliatan sifat2 asli mereka. Misalnya Seiya yang rajin mandi (2x sehari, Indonesia banget >_<). Trus Shota yang sukanya gambling (horse race sama pachinko -___-). Daiki si mahasiswa normal yang seimbang antara kuliah dan kegiatan lainnya😀 Dan Ito-san yang rajin belajar (11 jam sehari bookk!!).

Sekitar setengah jam presentasi mereka ga kerasa gara2 presentasinya menarik banget *atau presenternya yang menarik? hahaha

Setelah presentasi ini selesai, entah kenapa, suasana berubah jadi kayak perpisahan. Tiba-tiba semua pada tuker2an souvenir dan berfoto-foto dengan gaya aneh. Contohnya yang kebetulan paka baju pink iseng foto bareng, trus ada juga Seiya, dan Kyoko dipakein jilbab! Cantik banget dua2nya!!😀

Hari ini bener2 baru kerasa deketnya satu sama lain >_<

Sebenernya ga ingin hari ini berakhir, tapi apa daya jam pun sudah menunjukkan waktu solat maghrib. Setelah foto rame2 semuanya, acara hari ini pun disudahi..

PS: Sebenernya, malam ini, mahasiswa TUT-nya bakal latian performance, jadi kami dari ITB pun latian performance juga. Kemudian besok kami akan jalan2 ke Karawang untuk melihat kota industri. Dan kami bakal satu bis sama merekaa!! yeaahh, pasti rame banget besookk!! Can’t wait!! >_<

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s